Moodle 2014

Moodle adalah sebuah software berbasis teknologi web yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP untuk mendukung sistem pembelajaran online (online courses). Saat ini Moodle sudah mencapai versi 2.7 yang baru saja di rilis pada bulan Mei 2014 yang lalu. Moodle versi 1.x mencapai puncak kematangannya pada versi 1.9 penggunanya saat ini masih sekitar 40% dari seluruh pengguna Moodle di dunia yang teregistrasi di moodle.org.

moodle_full.minor.versions.20140831
Sumber : moodle.org – Augsut 2014

Seiring dengan munculnya versi 2.x dan rilis terakhir versi 2.7, masyarakat pengguna Moodle mulai beralih ke versi terbaru tersebut. Berikut adalah perkembangan instalasi yang dilakukan pada bulan Juli – Agustus 2014 ini :

moodle_partial.minor.versions.20140831
Sumber : moodle.org – Augsut 2014

Perkembangan terakhir ini sebenarnya tidaklah mengherankan, dengan perkembangan yang cukup significant pada Moodle versi 2.x yang sudah menggunakan HTML 5 dan perkembangan PHP 5.x yang cukup pesat menjadikan hampir semua aplikasi berbasis web yang menggunakan PHP sebagai mesin pendukung pengembangannya ikut meningkat kepopulerannya, termasuk Moodle di dalamnya.

Bagi yang memiliki kebutuhan lebih akan proses dan keluaran yang dihasilkan atau dapat dilakukan oleh Moodle, maka telah tersedia kesempatan untuk mengembangkan plugin sendiri dan atau dapat memanfaatkan Webservices siap pakai dengan beberapa protocol yang sangat populer seperti SOAP dan XML-RPC.

Flexibilitas dari fitur authentication dari Moodle memungkinkan kita memiliki beberapa sumber authentication yang berbeda-beda, antara lain dengan CAS, LDAP, MNET, POP3, RADIUS, External Database, IMAP, NNTP, Webservice Auth, dsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha Captcha Reload