Mod rewrite (part.1)

Mod Rewrite part.1

Mod_Rewrite memungkinkan Anda membuat URL khusus dan sederhana sesuai kebutuhan.

Tulisan ini akan membahas tentang bagaimana mengaktifkan Mod_Rewrite, Membuat dan Menggunakan halaman .htaccess yang diperlukan, dan menyiapkan penulisan ulang URL.

Before we begin generating the actual URL rewrites, we need to activate the apache mod_rewrite module that controls them.

sudo a2enmod rewrite

Perintah mengaktifkan modul atau—jika sudah diaktifkan, menampilkan kata-kata, “Module rewrite sudah diaktifkan”

Setelah modul diaktifkan, Anda dapat mengatur penulisan ulang URL dengan membuat file .htaccess di direktori situs web Anda.

File .htaccess adalah cara untuk mengonfigurasi detail situs web Anda tanpa perlu mengubah file konfigurasi server. Tanda titik yang meng’awali’ nama file akan membuat file ini tidak tampak secara default di dalam folder.

Selain itu, peletakan file .htaccess juga penting. Konfigurasi dalam file itu akan memengaruhi semua yang ada di direktori dan direktori di bawahnya.

Cara mengizinkan perubahan dalam file .htaccess

Untuk mengizinkan file .htaccess menimpa konfigurasi situs web standar, kita awali dengan dengan membuka file konfigurasi. Catatan: Anda memerlukan hak sudo untuk langkah ini.

sudo nano /etc/apache2/sites-available/default

Setelah berada di dalam file itu, temukan bagian berikut, dan ubah baris yang mengatakan AllowOverride dari None menjadi All. Bagian tersebut sekarang akan terlihat seperti ini:

<Directory /var/www/>
                Options Indexes FollowSymLinks MultiViews
                AllowOverride All
                Order allow,deny
                allow from all
 </Directory>

Setelah Anda menyimpan dan keluar dari file itu, restart apache. File .htaccess sekarang akan tersedia untuk semua situs Anda.

sudo service apache2 restart

Refference: Digital Ocean: How To Set Up Mod_Rewrite

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha Captcha Reload