Memasang Eclipse di Ubuntu

eclipse

Cara memasang Eclipse di Ubuntu (Saya menggunakan Ubuntu 12.10) pada prinsip nya sangat mudah, sama dengan aplikasi-aplikasi lainnya di Ubuntu, caranya : Aktifkan Ubuntu Software Center, lalu pilih Eclipse dan Install. DONE !

Hanya saja versi Eclipse terakhir yang tersedia di repository Ubuntu 12.10 adalah eclipse-platform 3.8.0~rc4-1ubuntu1. Sehingga jika Anda ingin mendapatkan versi terakhir yaitu Juno 4.2.2 SR2, Anda perlu sedikit usaha dengan mendownload dari http://www.eclipse.org/downloads/ lalu pilih yang sesuai dengan platform (OS) yang Anda gunakan.

Saya sarankan kita mulai dari Eclipse yang paling standard yaitu Eclipse Classic 4.2.2, 182 MB. Berhubung file nya cukup besar, jangan lupa siapkan kopi dan snack untuk menikmati penantian downloading nya 🙂

Anda akan mendapatkan file eclipse-SDK-4.2.2-linux-gtk.tar.gz , kemudian extract dengan extract tools yang Anda sukai. Kalau saya lebih memilih menggunakan Nautilus yaitu sebuah File Manager standard dari Gnome yang default terpasang di Ubuntu. Caranya praktis, tinggal klik-kanan, lalu Extract Here, selesai ! 🙂

Tidak ada proses instalasi, tetapi dengan catatan bahwa Java sudah terinstall dengan baik di Ubuntu Anda. Saat tulisan ini dibuat saya menggunakan OpenJDK Java 7 Runtime.

Hasil extract eclipse-SDK-4.2.2-linux-gtk.tar.gz akan menghasilkan sebuah folder Eclipse. Masuklah ke dalamnya lalu jalankan file eclipse yang merupakan executable file. Done !Selanjutkan Anda akan diminta menentukan direktory kerja (workspace) nya ada dimana.

eclipse2

Jika ingin lebih mudah dan nyaman dalam mengaktifkan eclipse, silahkan buat Link di menu, atau diletakkan di Desktop.

Mudah bukan 🙂 Selamat menggunakan eclipse.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha Captcha Reload